21 Delegasi Kampus se-Sulselbar Ramaikan FTMI XV di Palopo

By iRedaksi 25 Okt 2019, 17:35:27 WIB Seni & Budaya
21 Delegasi Kampus se-Sulselbar Ramaikan FTMI XV di Palopo

Keterangan Gambar : Foto: Jefry


PALOPO, IREDAKSI.com -- Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) ke-XV resmi dibuka, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kabid Pengembangan Sumber Daya Dinas Parawisata Provinsi Sulawesi Selatan, Bruno S Rante, didampingi Rektor IAIN Palopo Dr Abdul Pirol, di pelataran aula Serbaguna, Kamis, 24 Oktober 2019 malam.

Kegiatan FTMI ke XV ini diikuti 21 delegasi dari berbagai kampus se Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Rektor Pirol dalam sambutannya menyampaikan bahwa seni merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, yang tak lain berakar dari budaya, namun jangan karena kemoderenan lalu melupakan budaya.

"Dengan budaya saat ini bagaimana tetap kretif dari berbagai budaya lokal. Dengan budaya dapat menjaga persatuan dan ciri khas dari suatu wilayah, ini harus didorong pada generasi yang cinta terhadap tanah air, sesuai semboyan pemerintah kedepan yaitu SDM Unggul Indonesia Maju," sebutnya.

Sambutan Walikota Palopo, diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan kota Palopo, H Karno, menyampaikan apresiasi pada mahasiswa pecinta seni khususnya mahasiswa UKM Seni Sibola IAIN Palopo yang telah menjadi tuan rumah pada FTMI-XV.

Sementara itu, sambutan Gubernur Sulawesi Selatan, yang disampaikan oleh Kabid Pengembangan Sumber Daya Dinas Parawisata Provibnsi Sulawesi Selatan, Bruno S Rante, menyampaikan bahwa festival teter ini merupakan wadah untuk melestarikan budaya yang ada, yang memiliki relevansi yang kuat dengan masa kini.

"Seni menentukan eksistensi kita sebagai negara yang berbudaya, namun terkadang hal ini kadang dianggap hanya seni romantisme yang tidak perlu diperhatikan.

"Seni merupakan sebuah identitas yang kadang dicari oleh wisatawan asing, untuk itu kepada seluruh panitia dan sutradara dari berbagai delegasi, selaku pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang turut andil pada FTMI kali ini," pintanya. (Jf)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook